Memang ada sebagian orang merasa puas karena telah menemukan artikel tentang cara membuat menu Read more... atau baca selengkapnya. tapi tunggu dulu anda juga harus hati-hati karena banyak read more apalagi yang menggunakan java script atau read more otomatis akan mempengaruhi page rank blog anda pada Alexa site. hal ini dikarenakan isi dari posting anda dianggap kosong oleh pihak alexa. Banyak para pakar blogger yang sebenarnya mereka tahu akibatnya tapi mereka tidak memberitahukkan hal negative ini, sengaja saya ungkap disini karena saya telah mengalami hal itu.

Baiklah kita kembali ke topik awal yaitu tentang menu Read more... atau Baca selengkapnya, agar sedikit mengerti akan saya tuliskan kode dasarnya kira-kira seperti ini,

<div class='post-body'>
<p><data:post.body/></p>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>


Perhatikan baik-baik kode di atas, itu merupakan kode asli dari template sobat sebelum di utak-atik. Jika sobat pernah atau telah pernah mengubahnya, maka kode nya akan berubah seperti ini:

<div class='post-body'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p> <!-- satu -->
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p> <!-- dua -->
<a expr:href='data:post.url'>Read more.....</a>
</b:if>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>

Kode di atas sengaja di bedakan warnanya, warna biru merupakan kode asli dari template, warna merah merupakan kode yang harus di tambahkan. Yang perlu sobat hati-hati adalah kode ini :

<p><data:post.body/></p>

Kode di atas harus di pastikan ada dua tidak boleh ada satu karena jika ada satu maka postingan sobat bisa hilang semuanya, akan tetapi sebenarnya seluruh postingan tidak hilang, akan tetapi tidak di perlihatkan alias di sembunyikan. Postingan di perlihatkan dan di sembunyikan karena kode :

<style>.fullpost{display:inline;}</style>

<style>.fullpost{display:none;}</style>

{display:inline;} artinya di tampilkan, dan {display:none;} artinya jangan di tampilkan alias sembunyikan dan kode inilah apabila salah pemasangan mengakibatkan semua postingan menjadi tidak di tampilkan, jadi apabila di satukan dari seluruh kode, maka kira-kira seperti ini :
Tampilkan postingan

Jangan tampilkan postingan

Tampilkan postingan apabila di klik link Read more...

Langkah yang tak kalah pentingnya yaitu sobat harus memasang kode Read more nya pada tab Edit HTML jangan pada tab Compose, serta kode Read more... harus selalu di tutup. Contoh pemasangan kode read more... pada artikel seperti ini :
Ini adalah tulisan pada paragraf pertama yang akan muncul di halaman muka blog, paragraf - paragraf lainnya akan muncul apabila pengunjung blog meng klik link untuk membuka keseluruhan artikel.

<div class="fullpost">

Paragrap yang kedua, ketiga dan seterusnya harus di tempatkan di sini, jangan di tempatkan sebelum kode readmore, jangan lupa untuk menutup kodenya ya..

</div>

Maka nanti yang akan muncul hanyalah paragraf atasnya saja yakni seperti ini :

Ini adalah tulisan pada paragraf pertama yang akan muncul di halaman muka blog, paragraf - paragraf lainnya akan muncul apabila pengunjung blog mengklik link untuk membuka keseluruhan artikel.
Read more...

Saya harap sobat sudah paham, bagi sobat yang belum berhasil ada baiknya untuk mencobanya kembali. Satu hal yang harus sobat ingat yaitu selalu membuat backup data template sebelum mencoba utak-atik kode template, karena jika terjadi kesalahan semisal seluruh postingan menghilang maka jangan bingung dan merasa panik, sobat tinggal Upload kembali backup data template yang sudah di simpan pada komputer kita sebelum melakukan utak-atik, dan hasilnya nanti akan sedia kala seperti sebelum sobat melakukan edit kode template. Jadi jangan pernah jera untuk mencobanya.

Terima kasih... bro, selamat mecoba.

Posting Komentar Blogger

 
Top