Sergur- Sertifikasi Guru tahun 2015 - Munculnya kasus penikaman yang dilakukan oleh salah satu siswa di SMUN 19 Palembang beberapa waktu lalu, membuat Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang berang. hal tersebut terjadi pada saat jam sekolah yang mana seharusnya guru atau pegawai sudah stand by di sekolah.

Jika guru tidak ada di sekolah pada saat jamnya, maka tingkat kedisiplinan guru di Palembang masih dipertanyakan.


Kadisdikpora Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika ada guru atau kepala sekolah yang melanggar disiplin dalam proses pembelajaran.

"Selama ini kesalahan guru dalam soal kedisiplinan sering ditutupi. Kedepan akan kita akan memberi aturan tegas untuk menimbulkan efek jera. Jangan sampai kasus kriminalitas di sekolah akibat kelalaian guru terulang lagi, " ujarnya saat menghadiri Bimtek pengaturan sanksi disiplin di kalangan PNS, Kamis (5/3).

Lanjutnya, beberapa hal yang menyebabkan kurangnya disiplin tersebut dikarenakan guru yang bersangkutan mempunyai sifat yang malas dan menghambat peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Zulinto mengakui bahwa masih terdapat sekitar 10 persen guru di Palembang yang sering bermalas-malasan.

"Kami akan terus berupaya dalam meningkatkan kedisiplinan guru, sanksi yang akan diberikan pun akan dipertegas lagi yaitu dengan mencabut sertifikasi guru yang tidak masuk 1 bulan berturut-turut tanpa keterangan, termasuk guru yang masih malas untuk mengajar," jelasnya.
Ia menambahkan, kasus guru malas yang banyak ditemukan didominasi guru SD, pemicunya karena perselisihan di sekolah.

"Kepala sekolah seringkali menyelesaikan permalasahan dengan cara yang tidak benar dan menyebabkan guru jadi malas untuk mengajar," ungkap Nasikhun. Lanjutnya, tidak hanya sanski pencabutan sertifikasi apabila guru terbukti malas, sanksi berat yaitu dengan pemberhentian pun bisa dilakukan. "Kalau dinilai sudah melebihi batas maka guru yang bersangkutan akan diberhentikan sesuai dengan mekanisme yang berlaku," ujarnya.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2015/03/05/disdik-ancam-cabut-sertifikasi-guru-malas

Posting Komentar Blogger

 
Top