Menjawab pertanyaan sobat akan Checksum (CRC32),
klo ga bisa masuk windows tapi ada tulisan cheksum bad file tuh knp???
Namun sebelum saya menjawabnya saya akan coba uraian,apa sih Checksum CRC32 itu?.

Cyclic Redundancy Check (CRC) adalah salah satu fungsi hash yang dikembangkan untuk mendeteksi kerusakan data dalam proses transmisi ataupun penyimpanan. CRC menghasilkan suatu checksum yaitu suatu nilai dihasilkan dari fungsi hash-nya, dimana nilai inilah yang nantinya digunakan untuk mendeteksi error pada transmisi ataupun penyimpanan data. Nilai CRC dihitung dan digabungkan sebelum dilakukan transmisi data atau penyimpanan, dan kemudian penerima akan melakukan verifikasi apakah data yang diterima tidak mengalami perubahan ataupun kerusakan. CRC32 32 juga melambangkan panjang checksum dalam bit. Bentuk CRC yang disediakan untuk algoritma sesuai dengan ide pembagian ”polynomial”. Dan hal ini digunakan untuk memperhitungkan checksum yang sama dari seluruh algoritma CRC. Algoritma CRC adalah cara yang bagus dan teruji untuk pengecekan byte dalam jumlah besar dari suatu file yang telah termodifikasi maupun tidak. Algoritma ini mencari lewat seluruh jumlah byte dan menghasilkan angka 32 bit untuk menggambarkan isi file. Dan sangat kecil sekali kemungkinan dua stream dari byte yang berbeda mempunyai CRC yang sama. Algoritma CRC32 dapat diandalkan juga untuk mengecek error yang terjadi dalam urutan byte. Dengan CRC32 kemungkinan perubahan standar (penyimpangan dari penghitungan CRC terhadap file) yang terjadi dapat dikendalikan. Perkembangan teknologi dan informasi membawa perubahan besar dalam penggunaan metode Checksum CRC32. Banyak bermunculan software-software jahat (baca:Malware) dan juga perkembangan virus computer yang semakin canggih membuat metode Checksum CRC32 lantas digunakan untuk mengetahui mendeteksi virus dengan acuan nilai crc32-nya. Nilai crc32 adalah nilai yang didapat dari besar file dan nama file yang dibandingkan dengan tabel crc32 yang sudah ada acuannya.
Untuk jelasnya lihat gambar dibawah:
Untuk menghitung dengan metode CRC32 dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : 1.Perhitungan Tabel Lookup Cara pertama kita harus menghitung kalkulasi tabel lookup yang berguna untuk menentukan standar isi dari tabel CRC32, yaitu dengan membandingkan nilai 255 yang heksanya FFFFFFFF dengan polynomial file yang telah distandarkan yaitu EDB88320 menggunakan Xor. Kemudian hasil dari perbandingan disimpan di tiap array ’F’ yang berjumlah 255 array.

Jadi dapat kita mengambil kesimpulan bawah, dengan adanya pesan seperti pada pertanyaan sobat kita ada dua kemungkinan :
  1. Komputer sobat tidak mampu membaca data asli dari kompi anda.
  2. Ram kompi sobat mengalami masalah dalam menyimpan sistem informasi sementara.
jadi solusi yang dapat sobat lakukan :
  1. Coba Restar kompi sobat kemudian tekan F8 untuk memilih opsi 1 ( SAFEMODE OPTION)
  2. Coba mengganti RAM sobat dengan yang baru.
  3. Reset kompi sobat ke factory default.

terima kasih semoga bermanfaat. kalau belum jelas silahkan bertanya kembali, kami akan siap membantu sesuai kemampuan kami.

Posting Komentar Blogger

 
Top