Baterai adalah komponen yang sangat vital pada laptop, kerena lebih sering digunakan dalam pengoprasiannya agar tetep bisa memenuhi perannya didunia mobilitas.
Berikut ada beberapa tips tentang cara mudah merawat baterai laptop agar kinerjanya tetap baik.

  • Saat mulai mengisi baterai jangan menggunakan baterai sebelum terisi penuh. Jika anda menggunakan baterai baru yang diisi pertamakali, baterai itu mungkin tidak terisi sepenuhnya karena karakteristik bahan kimia yang didalamnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, seluruh sel baterai tersebut harus diaktifkan. Caranya adalah dengan mengisi dan mengkosongkan sepenuhnya baterai laptop anda sebanyak tigakali berturut-turut. Hal ini juga berlaku untuk baterai yang lama tersimpan atau tidak terpakai selama beberapa bulan.
  • Jalankan sedikit program. Tidak menjalankan banyak aplikasi pada saat bersamaan, tutup program yang memang tidak diperlukan. Semakin banyak menjalankan program maka konsumsi baterai juga akan meningkat.
  • Jauhkan baterai dengan logam ketika anda melepas baterai dari laptop.
  • Jangan sentuh terminal kontak pada baterai. Jika menyentuh kontak terminal, baik pada baterai maupun laptop, maka akan meninggalkan kotoran. Kotoran yang menempel pada kontak terminal baterai menyebabkan terganggunya aliran listrik dari baterai ke laptop. Dan jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan oksidasi pada terminal tersebut. Segera bersihkan menggunakan kain lembut yang dilembabkan dengan alcohol.
  • Hindari suhu yang extream. Agar tetap awet hindari suhu yang sangat extream, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin. Suhu penyimpanan yang direkomendasikan untuk baterai laptop Lithium-Ion adalah 59 derajat Farenhait atau 15 derajat celcius.
  • Jika Anda menggunakan baterai Nikel Metal Hydrida ( Ni-MH ), kosongkan baterai Anda sepenuhnya setiap beberapa waktu ( minggu/ bulan ) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator baterai menunjukan tingkat 0%. pada situasi ini, anda bisa mencolokkan adaptor laptop untuk mengisi baterai sampai indikator menunjukan tingkat 100%.
  • Jangan hubung singkat baterai atau mencoba mengosongkan isi baterai dalam waktu singkat. Hal ini dapat memperpendek umur baterai.
  • Lepas baterai dari laptop jika tidak memakainya dalam jangka waktu yang lama. Jika berencana nyimpan laptop dalam jangka waktu lama, lepaskan baterai laptop dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering. Tempat yang bisa dipakai untuk menyimpan baterai ini misalnya ruang ber-AC atau ruang dengan sirkulasi udara yang cukup baik.
  • Baterai Lithium-Ion mempunyai masa kadarluarsa. setelah dua atau tiga tahun, baterai itu akan mati. Ini adalah wajar, baik Anda menggunakan baterai tersebut ataupun hanya menyimpannya.
Semoga bermanfaat terima kasih...

Posting Komentar Blogger

  1. My name is Kurniawan Kurais or known as alias Kurniawan .I'm a simple man no more and working hard for others

    BalasHapus

 
Top